UNIKU JAYA – Himpunan Mahasiswa (Hima) Magister Manajemen (MM) Pascasajana Universitas Kuningan (Uniku) menyalurkan bantuan terhadap korban bencana alam Desa Pinara Kecamatan Ciniru, Minggu (25/2). Mereka mendatangi pengungsian di Balai Desa Cijemit dan Ciniru.
Rombongan mahasiswa S2 ini diterima langsung kepala desa beserta jajaran aparat serta tokoh masyarakat dan pemuda Desa Cijemit. Adapun jenis barang yang disumbangkan berupa sembako, mie instan, air mineral, alat mandi, dan lain-lain. Pihak pemdes Cijemit dan warga para korbn bencana ini pun menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan Hima MM Pascasarjana Uniku.
Ketua Hima MM Pascasarjana Uniku Ato Sugiarto mengatakan, kedatangannya ke Ciniru bukan sekedar membawa bantuan, namun sekaligus ingin memberikan perhatian secara khusus kepada para korban bencana yang kekurangan makanan dan bahan perlengkapan lainnya. Ia mengaku tak banyak bantuan yang diberikan, namun setidaknya sedikit membantu penderitaan warga yang juga saat ini menjadi perhatian banyak pihak.
“Tidak banyak sih yang kami sumbangkan, tapi setidaknya mudah-mudahan dapat mengurangi beban penderitaan saudara-saudara kita yang terkena musibah, khususnya dalam hal kekurangan makanan, “ kata Ato.
Ato menjelaskan, berdasarkan hasil dialognya dengan pihak desa, terdapat sekitar 200an Kepala keluarga (KK) yang mengungsi dibalai Desa Cijemit, belum lagi yang ikut menumpang di rumah-rumah penduduk yang berjumlah sekitar 50an KK. “Karena secara keseluruhan Desa Pinara terdampak longsor, jadi semua warganya diungsikan,” jelasnya.
Penyaluran bantuan tersebut, sambung Ato, untuk menjaga nilai-nilai silaturahmi dan kesalehan sosial di antara para mahasiswa sebagai agen control social. Selain itu, sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diantaranya yakni pengabdian masyarakat.
“Oleh karenanya, menjadi sebuah kewajiban bagi kami untuk membantu, apalgai melihat kondisi para pengungsi yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Sebagai makhluk social yang tidak bias hidup dan berdiri sendiri, tentunya kita selalu saling membutuhkan dalam hal apapun apalagi ini dalam konteks musibah,” ujarnya.
Terpisah, Direktur Sekolah Pascasarjana Uniku Dr. H. Iskandar, M.M. menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan aksi social para mahasiswanya itu. Ia pun mengaku sangat senang melihat kepedulian dari mahasiswa–mahasiswanya yang diterapkan melalui kegiatan baksos tersebut. Hal itu menunjukkan secara langsung mahasiswanya dapat mengaplikasikan prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi.
“Oleh karenanya, pihak lembaga sangat mendukung penuh aksi social tersebut. Semoga para mahasiswa khususnya yang tergabung dalam himpunan Mahasiswa Magister Manajemen selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan social kemasyarakatan,” harap Iskandar.