Profil pasca
PROFIL SEKOLAH PASCASARJANA
Universitas Kuningan
Pendahuluan
Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan terdiri dari tiga program studi yaitu program studi Pendidikan Ekonomi (S2), Pendidikan Biologi (S2) dan program studi Manajemen (S2). Hasil Evaluasi Diri menunjukan bahwa Sekolah Pascasarjana SPS Universitas Kuningan memiliki potensi dan modal dasar yang kuat dan memiliki kemampuan berkembang (Development Capacity) yang amat kokoh untuk maju. Kenaikan animo mahasiswa setiap tahunnya menunjukkan bahwa SPS Universitas Kuningan berada di hati masyarakat dan selalu menjadi perhatian masyarakat. SDM Dosen dengan kualifikasi minimal S2 pada tahun 2005, efisiensi dan efektifitas manajemen yang tinggi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, tertib administrasi dan disiplin yang ditunjukan oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga administratif, sistem kendali dan jaminan mutu yang berfungsi dengan baik, akuntabilitas yang dapat diandalkan, disertai dengan kemauan, kesadaran, komitmen dan sikap yang kokoh untuk berubah dan berkembang ditunjukan oleh unsur pimpinan lembaga, dan seluruh civitas akademika SPS Universitas Kuningan.
SPS Universitas Kuningan membuka kesempatan untuk memberdayakan segala potensi dan mewujudkan capacity building lembaga dalam mempersiapkan tenaga kependidikan profesional dan tenaga profesional dalam berbagai profesi lainnya sehingga SPS Universitas Kuningan dapat memberikan kontribusi yang lebih nyata lebih bermakna dalam pembangunan pendidikan nasional dan dalam pembangunan bangsa saat ini dan untuk masa depan.
Landasan Filosofis dan Paradigma
Pendidikan adalah upaya sistematis dan sistemik dalam pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkualitas. Pendidikan bertujuan memanusiakan manusia sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan makhluk Allah YME. Pendidikan adalah upaya sadar manusia untuk membina dan mengembangkan diri menjadi manusia beriman, bertaqwa, berahlak mulia, dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945. ini mengandung makna bahwa pendidikan memiliki keterkaitan dengan berbagai upaya peningkatan kualitas hidup manusia. Dalam upaya peningkatan kualitas hidup manusia pendidikan memanfaatkan hasil kebudayaan manusia, seperti ilmu, teknologi, dan seni yang berlangsung secara integral menyentuh keseluruhan aspek diri manusia. Karena itu proses pendidikan yang esensinya tidak lain adalah proses learning merupakan proses yang melekat dengan kehidupan sepanjang hayat. Esensi tujuan pendidikan adalah menumbuhkan kesadaran akan tingginya harkat dan martabat manusia, kesadaran akan perbedaan mana yang benar dan yang tidak benar dalam setiap langkah dalam menempuh kehidupan kemanusiaan ini. Karena itu pendidikan tidak bebas nilai dan nilai perlu selalu melekat dalam proses pembelajaran.
SPS Universitas Kuningan sebagai lembaga pendidikan tinggi mengembangkan dan memanfaatan ilmu dan teknologi dalam suasana pedagogis yang religius dalam tatanan silih asah, silih asih, dan silih asuh. SPS Universitas Kuningan menempatkan ilmu pendidikan sebagai pusat unggulan utama dalam pemberian layanan kepada masyarakat. Alasannya baik secara hakiki maupun empirik tidak ada tatanan kehidupan yang terlepas keterkaitannya dengan kegiatan proses pendidikan. Pendidikan adalah proses yang berlangsung dalam setiap tatanan dan tataran kehidupan.
Atas dasar filosofi yang dipaparkan diatas, dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, SPS Universitas Kuningan menerapkan paradigma pendidikan yang memberikan direction dan koridor yang jelas harus dilalui oleh SPS Universitas Kuningan dalam perjalanannya menuju tujuan yang telah ditetapkan. Paradigma tersebut sebagai berikut :
- Bahwa needs for learnings setiap orang mencakup keseluruhan aspek diri dan aspek kehidupan yang saling berkaitan dalam suatu kerangka utuh.
- Bahwa proses learning itu melekat dalam kehidupan yangdinamis dan berkembang memberikan respons terhadap berbagai kebutuhan yang berkembang;
- Bahwa dalam learning tersebut guru memiliki multi fungsi yang diperlukan dan tidak dapat digantikan oleh teknologi;
- Bahwa guru harus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni karena itu guru harus memiliki kemampuan tinggi untuk bersaing dalam melaksanakan fungsinya yang kompleks tersebut.
- Bahwa tenaga kependidikan harus dipersiapkan secara integratif menyatu sehingga darah dan tulangnya menyatu dalam gerak langkahnya sebagai guru dan pendidik yang profesional.
- Tenaga kependidikan harus memahami perkembangan perkembangan dari learning needs peserta didik, aspirasi orangtua, masyarakat dan bangsa.
- Tenaga kependidikan hanya dapat dipersiapkan secara profesional dalam lembaga yang khusus memperoleh mandat, kemampuan dan ditugaskan untuk maksud tersebut serta dilindungsi oleh peraturan dan perundangan.
- Ilmu-ilmu kependidikan berkembang subur melalui transaksi dengan berbagai disiplin ilmu lain yang terus menerus. Karena itu lembaga perguruan tinggi pendidikan tenaga kependidikan bertugas untuk memfasilitasi interaksi tersebut dalam pengembangan akademik yang terpadu dan berimbang.
- SPS Universitas Kuningan yang mengembangkan berbagai disiplin ilmu merupakan wahana yang subur untuk menubuhkembangkan kesemua disiplin-disiplin ilmu tersebut.
Kepemimpinan dan Kepeloporan SPS Universitas Kuningan
SPS Universitas Kuningan adalah satu universitas di Indonesia yang menyatakan komitmen yang yang tinggi terhadap pengembangan ilmu pendidikan dan profesi kependidikan. Komitmen yang tinggi tersebut tidak dinyatakan dalam nama universitas yang mengunakan kata pendidikan tetapi juga tercermin dalam strktur kelembagaan dan pengembangan program. Oleh karena itu SPS Universitas Kuningan harus dapat menunjukan dirinya sebagai pelopor dalam pengembangan ilmu pendidikan dan profesi kependidikan.